Kamis, 23 Maret 2017

18. SENI KERAJINAN GERABAH

Kerajinan gerabah di Indonesia dan beberapa daerah penghasil gerabah

Kerajinan gerabah di Indonesia dan beberapa daerah penghasil gerabah - Salah satu hasil dari seni rupa terapan adalah gerabah yang dapat difungsikan dalam memenuhi kebutuhan hidup masyarakat sehari- hari dan itulah yang dimaksud dengan seni rupa terapan.
Perkakas rumah tangga atau alat rumah tangga merupakan juga perkakas adalah contoh dari seni rupa terapan dengan bahan pembuatanya ada yang terbuat dari tanah liat dengan menggunakan suhu tertentu melalui proses pembakaran.
Kerajinan gerabah di Indonesia dan beberapa daerah penghasil gerabah
Sejak zaman Neolitikum (Zaman prasejarah atau zaman batubaru) atau sekitar 3000 - hingga 1100 SM. Istilah tembikar atau keramik juga disebut dengan gerabah. Gerabah yang terdapat di Indonesia biasanya berupa celengan, kendi, tempayan, periuk dan belanga. Terbatas dan sederhana teknik pembuatan gerabah. Dengan pembakaran suhu rendah proses akhir dari pembuatan gerabah yaitu dengan menggunakan sabut kelapa atau jerami.
Terutama di desa - desa daerah di Indonesia yang hingga sampai saat ini pembuatan gerabah masih bertahan, dan sederhana serta tradisional untuk teknik pembuatanya dengan tujuan untuk benda - benda praktis dalam menunjang keperluan hidup masyarakat. Baca juga kerajinan tangan dari barang bekas.
Berikut ini beberapa jenis gerabah yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia serta fungsinya. 
  • Tempat menyimpa air minum yang berupa kendi.
  • Untuk menanak nasi yang berupa periuk.
  • Untuk memasak sayur yang berupa tempayan.
  • Untuk memasak yang menyerupai kompor yang berupa anglo.
  • Tempat menyimpan Uang yang berupa celengan.

Kerajinan gerabah di Indonesia dan beberapa daerah penghasil gerabah
Selain gerabah tradisional ada juga gerabah yang telah memperhatikan efek estetis yaitu gerabah modern yang dikelola secara profesional serta dapat dibanggakan dari kualitas barang yang dihasilkan karena Pemilihan bahan dasar, desain, ragam hias dan proses akhir pembuatan yang lebih maju.
Motif yag digunakan untuk gerabah ini biasanya motif geometris, anyaman, pilin tunggal, tumpal, pilin ganda serta meander. Sedangkan seperti motif swastika, burung phoenix awan serta matahari merupakan motif yang mendapat pengaruh dari luar. Teknik pembuatanya dapat dilakukan dengan cara dicungkil, ditempel, dipukul dan ditoreh.
Kerajinan gerabah di Indonesia dan beberapa daerah penghasil gerabah
Seni yang membuat banyak gerabah di daerah Indonesia hampir setiap pulau terdapat pembuatan gerabah pada daerahnya diantaranya : Mayong (Jepara), Klampok (Purwokerto), Jatiwangi, (Majalengka), Dinoyo (Malang), Lombok (Nusa Tenggara Barat), dan Takalar (Sulawesi Selatan), Plered (Purwakarta), Sitiwangun (Cirebon), Kasongan (Yogyakarta), Banjarnegara (Bandung), Kapal (Bali). Berikut ini Video kerajinan Gerabah seni rupa terapan daerah.

SUMBER : http://tempolagu.blogspot.co.id/2015/10/kerajinan-gerabah-di-indonesia-dan.html
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Hi There, I am

Diberdayakan oleh Blogger.

About me

About Me

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

lagu

JOIN THE TEAM

Popular Posts

Popular Posts

Unordered List

Olaf the Snowman - Disney's Frozen

Pages

Theme Support