Rabu, 22 Maret 2017

15. FUNGSI MUSIK PENGIRING TARI


Fungsi Musik dalam Tari


1. Fungsi musik dalam Tari dalam  Memberi irama (membantu mengatur waktu)

Kita kenal bahwa tari itu terdiri dari gerak-gerak yang  berirama, mengatur atau  menentukan  irama, sangat sulit menari tanpa musik. Dimana irama dalam tari yaitu pengatur waktu (tempo) cepat dan lambatnya dari suatu rangkaian gerak, dan perlu saling mengisi dan saling mengiringi.

 2. Fungsi musik dalam tari dalam memberi gamabaran suasana

Dalam tari, suasana atau ilustrasi sangat erat hubungannya dengan watak penari, terutama pada tari tradisional yang sangat memerlukan berbagai suasana. Adapun watak dalam suasana tari antara lain watak luguh/ halus, watak lenyap/ ganjen, dan gagah.

3. Fungsi musik dalam tari dalam mempertegas ekspresi gerak

Dalam tarian sudah barang tentu mempunyai tekanan-tekanan gerak yang diatur oleh tenaga. Mempertegas ekspresi gerak akan  lebih  sempurana di iringi atau di pertegas oleh hentakan  instrumen  musik sebagai pengiring tari.  





4. Fungsi musik dalam tari dalam memberikan rangsangan kepada penari

Sudarsono mengatakan elemen dasar dari tari adalah gerak dan ritme, Maka elemen dasar dari musik adalah nada Ritme dan Melodi. Sejak zaman prasejarah sampai sekarang dapat dikatakan dimana ada tari disitu pasti ada musik, musik dalam tari bukan hanya sekedar pengiring, tetapi musik adalah patner  tari yang tidak boleh ditinggalkan, musik dapat memberikan suatu irama yang selaras sehingga dapat membantu mengatur ritme atau hitungan dan dapat juga memberikan gambaran dalam ekspresi suatu gerak (1997 : 46)


Demikian sobat sakuilmu, 4 fungsi musik dalam tari. Semoga bermanfaat bagi Sobat semua.

Sumber :
http://tkhusnul.blogspot.co.id/2012/03/fungsi-musik-dalam-tari.html 
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Hi There, I am

Diberdayakan oleh Blogger.

About me

About Me

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

lagu

JOIN THE TEAM

Popular Posts

Popular Posts

Unordered List

Olaf the Snowman - Disney's Frozen

Pages

Theme Support