Senin, 28 November 2016

5. BERAGAM SUKU DI INDONESIA MEMILIKI KEUNIKAN KESENIAN






Karena Indonesia merupakan negara kepulauan yang membentang jauh dari Sabang sampai Merauke, maka nggak heran kalau Indonesia dipenuhi ribuan suku yang punya ciri khas tersendiri.
Dan maaf banget sebelumnya, karena Raparapa hanya akan membahas sebagian suku-suku di Indonesia aja. Itu karena suku-suku ini udah mewakili di setiap daerahnya. Tapi yang pasti, suku-suku yang akan Raparapa sebutkan punya keunikan dalam kultural dan kreativitas yang dicirikan dengan cara yang berbeda-beda. Antara lain,

Suku Aceh

suku di indonesia
Suku Aceh via kantormaya.com
Suku Aceh adalah salah satu suku tertua yang berasal dari penduduk asli Provinsi Aceh. Mayoritas agamanya adalah Islam. Sementara bahasa yang digunakan adalah bahasa Aceh.
Bahasa Aceh sendiri terdiri dari rumpun bahasa Melayu-Polinesia Barat yang berkerabat dekat dengan bahasa Cham dan dituturkan di Vietnam serta Kamboja. Ribet amat ya. Tapi memang karena dulu Suku Aceh lahir dari berbagai macam suku, kaum, dan bangsa yang pernah bersinggah di tanah Indonesia paling barat ini.

Suku Minangkabau

suku di indonesia
Suku Minangkabau via ridwanaz.com
Kalau Suku Minangkabau berasal dari Provinsi Sumatra Barat. Kita tau kalau Minangkabau biasa disingkat atau disebut menjadi Minang. Jadi kalau ada orang yang bilang “Dia adalah orang Minang,” maka kemungkinan pasti dari Suku Minangkabau.
Suku Minangkabau memiliki kultural dan geografis pada penggunaan bahasa serta adat yang melekat dengan agama Islam.
Kamu juga harus tau nih, kalau Minangkabau memproduksi orang-orang hebat. Seperti Presiden Singapura yang pertama, yaitu Yusof bin Ishak. Beliau merupakan keturunan Minangkabau. Lagu kebangsaan Singapura yang berjudul Majulah Singapura juga diciptakan oleh Zubir Said yang lahir di Minangkabau.
Indonesia hebat!

Suku Batak

suku di indonesia
Suku Batak via griyawisata.com
Kalau Suku Batak berasal dari wilayah Sumatera Utara. Salah satu suku terbesar di Indonesia nih.
Batak sediri punya beberapa sub-suku, diantaranya meliputi Suku Batak Karo, Suku Batak Toba, Suku Batak Simalungun, Suku Batak Pakpak, Suku Batak Angkola, dan Suku Batak Mandailing.
Kesenian dari Suku Batak juga sudah menjadi unsur budaya yang tersohor loh. Seperti memukaunya Tari Serampang Dua Belas, meriahnya Tari Tor-tor yang berasal dari suara entakan kaki penari di atas papan Rumah Adat Suku Batak yang terkenal uniknya.
Ada juga Gong dan Saga-saga yang menjadi alat musik tradisional Suku Batak. Kain Ulos juga sudah menjadi warisan kebudayaan dalam bentuk kain tenun. Kain ini senantiasa dikenakan dalam upacara pernikahan Suku Batak, mendirikan rumah, upacara kematian, penyerahan warisan, penyambutan tamu, dan upacara tarian Tor-tor.
Kalau pengin tau nuansa kehidupan Suku Batak, maka berbagai film Indonesia yang mengangkat kebudayan Suku Batak sangat bisa kamu nikmati. Karena Indonesia memproduksi banyak film Suku Batak dong.

Suku Akit

suku di indonesia
Suku Akit via riaugreen.com
Suku Akit juga salah satu suku tua di Indonesia. Asalnya dari Provinsi Riau, dan suku-suku lainnya yang ada di Provinsi Riau meliputi Suku Talang Mamak, Suku Melayu, Suku Hutan, Suku Laut, Suku Bunoi, dan Suku Sakai.
Di antara suku-suku tadi, Suku Akitlah yang menjadi suku paling lama sebelum suku-suku lainnya menyapa lalu tinggal di Riau.
Oh iya, mata pencarian Suku Akit adalah berburu dan meramu.

Suku Sakai

suku di indonesia
Suku Sakai via daerah.sindonews.com
Kalau Suku Sakai hidup di pedalaman Provinsi Riau. Data dan peta sosial Indonesia menunjukkan, bahwa sebagian besar masyarakat Suku Sakai hidup di daerah terpencil dan sangat jauh dari modernisasi. Akses pendidikannya juga kurang memadahi.
Meskipun terpencil, namun warga Suku Sakai senantiasa menjaga kelestarian budayanya. Bisa dilihat melalui Rumah Adat Suku Sakai yang unik. Masyarakatnya nggak pernah memilih untuk menempati rumah dalam bentuk lain, sekalipun bentuk modern.
Sekarang, salah satu wilayah di Riau yang dipenuhi Rumah Adat Suku Sakai dijadikan tempat wisata Indonesia.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Hi There, I am

Diberdayakan oleh Blogger.

About me

About Me

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

lagu

JOIN THE TEAM

Popular Posts

Popular Posts

Unordered List

Olaf the Snowman - Disney's Frozen

Pages

Theme Support